bahasa pemrograman java
- Pengertian Java
Java adalah bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun
dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan
pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para
pemrogram Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka
kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API).
Kelas-kelas ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut paket (package). Java
API telah menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk menciptakan applet dan
aplikasi canggih. Jadi ada dua hal yang harus dipelajari dalam Java, yaitu
mempelajari bahasa Java dan bagaimana mempergunakan kelas pada Java API. Kelas
merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian eksekusi program, tidak ada cara
lain. Pada Java program javac untuk mengkompilasi file kode sumber Java menjadi
kelas-kelas bytecode. File kode sumber mempunyai ekstensi *.java.
Kompilator javac menghasilkan file bytecode kelas dengan
ekstensi *.class. Interpreter merupakan modul utama sistem Java yang digunakan
aplikasi Java dan menjalankan program bytecode Java.
Java juga merupakan
bahasa pemrograman yang multi platform dan multi
device. Apabila pengguna menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java,
maka pengguna dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain
yang mendukung Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali
dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code
dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini
dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang
umum dan non-spesifik.
Java tidak memilii
ketergantungan dengan platform, artinya Java dapat dijalankan pada sembarang
komputer dan pada sembarang sistem operasi yang sering disebut dengan
portabilitas. Yang menariknya portabilitas Java tidak terbatas pada program
sumber (source code), melainkan juga pada tingkat bytecode. Dengan
demikian suatu program yang sudah anda kompilasi dengan java di OS Windows
dapat juga berjalan di Macintosh secara langsung tanpa kompilasi ulang.
Java termasuk bahasa
pemrograman yang sederhana. Java juga dirancang agar mudah dipelajari dan
digunakan secara efektif. Java tidak menyediakan fitur-fitur rumit bahasa
pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya
harus dilakukan manual, sekarang digantikan dikerjakan Java secara otomatis
seperti dealokasi memori. Bagi pemrogram yang sudah mengenal bahasa C++ akan
cepat belajar susunan bahasa Java namun harus waspada karena mungkin Java
mengambil arah (semantiks) yang berbeda dibanding C++.
Java merupakan bahasa
berorientasi objek (OOP) yaitu cara ampuh dalam
pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer
sebagai kelompok objek yang saling berinteraksi. Deskripsi ringkas OOP adalah
mengorganisasikan program sebagai kumpulan komponen, disebut objek. Objek-objek
ini ada secara independen, mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek
lain dan untuk memerintahkan objek lain guna meminta informasi tertentu atau
meminta objek lain mengerjakan sesuatu. Kelas bertindak sebagai modul sekaligus
tipe. Sebagai tipe maka pada saat jalan, program menciptakan objek-objek yang
merupakan instan-instan kelas. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak
mengijinkan pewarisan jamak namun menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak
dengan fasilitas antarmuka yang lebih elegan. Karena fungsionalitasnya yang
memungkinkan aplikasi Java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi
yang berbeda, Java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan
di mana pun".
2. Sejarah Java
Java adalah bahasa
pemrograman yang berorientasi objek (OOP). Java diciptakan oleh James Gosling,
developer dari Sun Microsystems pada tahun 1991. Perkembangan Java tidak hanya
terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem
operasi dan bersifat open source. Sebagai bahasa pemrograman yang berorientasi
objek, Java menggunakan kelas untuk membentuk suatu objek. Bahasa pemrograman
Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan dari
awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan
versi yang dinamakan Oak.
Proyek ini dimotori oleh
Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan
pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah
maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah
gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992
proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang
ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh
(touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″
(Star Seven). Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel
tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka
memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo
Alto.
Perusahaan baru ini
bertambah maju, jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi
70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian internet sebagai
medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun
1990-an, internet masih merupakan rintisan yang hanya dipakai di kalangan
akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai
landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner,
terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama,
Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret
1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.02 dibuka. Kesuksesan mereka
diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury
News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu
hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari
pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems
bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari
pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “Bapak Java”, James
Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi rilis Java karena sebuah
perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil
nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang
digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Slogan Java adalah
“Tulis sekali, jalankan di manapun”. Sekarang ini Java menjadi sebuah bahasa
pemrograman yang populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan
perangkat lunak. Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah ponsel
feature dan ponsel pintar atau smartphone.
3. Karakteristik Java
Terdapat beberapa
karakteristik dari Java, diantaranya yaitu:
1. Sederhana (Simple)
Bahasa pemrograman Java
menggunakan sintaks mirip dengan C++ namun sintaks pada Java telah banyak
diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multipleinheritance.
Java juga
menggunakan automatic memory allocation dan memory
garbage collection.
2. Berorientasi objek (Object
Oriented)
Java mengunakan
pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular
dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia
nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
3. Terdistribusi (Distributed)
Java dibuat untuk
membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang
terintegrasi pada Java.
4. Interpreted
Program Java dijalankan
menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal
ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi
menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform
yang berbeda-beda.
5. Robust
Java mempuyai
reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi
error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java
mempunyai runtime-Exception handlinguntuk membantu mengatasi error
pada pemrograman.
6. Secure
Sebagai bahasa
pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa
mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem
komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
7. Architecture Neutral
Program Java
merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah
versi yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan Java Virtual Machine.
8. Portable
Source code maupun
program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa
harus dikompilasi ulang.
9. Performance
Performance pada Java
sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan
menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise, Microsoft ataupun
Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).
10. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan
untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara
sekaligus dan simultan.
11. Dynamic
Java didesain untuk
dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan
menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program
yang menggunakan class tersebut.
4. Komponen Utama Platform Java
Platform dapat diartikan
sebagai lingkungan perangkat keras atau perangkat lunak dimana program
dijalankan. Umumnya platform berdasarkan nama sistem operasi yang digunakan, misalnya
Windows 2000, Linux,
Solaris, atau MacOS. Untuk platform Java terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:
- Java Virtual Machine (JVM)
JVM (Java Virtual
Machine) adalah sebuah mesin imajiner (maya) yang bekerja dengan
menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi
hardware dan platform dimana kompilasi kode Java terjadi. Spesifikasi inilah
yang membuat aplikasi berbasis Java menjadi bebas dari platform manapun
karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM. Aplikasi program Java diciptakan
dengan file teks berekstensi java.
Program ini
dikompilasi menghasilkan satuberkas bytecode berekstensi .class atau
lebih.
Bytecode adalah serangkaian instruksi serupa instruksi
kode mesin. Perbedaannya adalah kode mesin harus dijalankan pada sistem
komputer dimana kompilasi ditujukan, sementara bytecode berjalan
pada java interpreter yang tersedia di semua platform sistem
komputer dan sistem operasi.
- Java Application Programming Interface (JAVA API)
Java API merupakan komponen-komponen dan kelas JAVA yang sudah jadi,
yang memiliki berbagai kemampuan. Kemampuan untuk menangani objek, string,
angka, dsb. Dalam API terdapat fungsi-fungsi atau perintah-perintah untuk
menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang
lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Java API terdiri dari
tiga bagian utama:
a)
Java Standard
Edition (SE), sebuah
standar API untuk merancang aplikasi desktop dan applets dengan bahasa dasar
yang mendukung grafis, keamanan, konektivitas basis data dan jaringan.
b)
Java Enterprose
Edition (EE), sebuah
inisiatif API untuk merancang aplikasi serverdengan mendukung untuk basis data.
c)
Java Macro Edition
(ME), sebuah
API untuk merancang aplikasi yang jalan pada alat kecil seperti telepon
genggam, komputer genggam dan pager.
5. Variabel
Java
Bahasa pemrograman pada umumnya, mengenal adanya variabel yang digunakan untuk menyimpan nilai atau
data. Sedangkan Java sendiri dikenal sebagai
bahasa pemrograman dengan sifat strongly typed yang artinya diharuskan mendeklarasikan
tipe data dari semua variabel, dan apabila lupa atau salah mengikuti
aturan pendeklarasian variabel, maka
akan mendapatkan error pada saat proses kompilasi.
Variabel merupakan container yang
digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah rogram dengan tipe tertentu.
Untuk mendefinisikan variabel, kita dapat menggunakan identifier untuk
menamai variabel tersebut.
- Identifier
Identifier adalah kumpulan karakter yang dapat digunakan untuk menamai
variabel, method, lass, interface, dan package. Sebagaimana bahasa pemrograman
pada umumnya, Java memiliki peraturan untuk identifier yang valid atau sah.
Identifier bisa disebut valid atau sah apabila diawali dengan :
· Huruf
/ abjad-
· Karakter
mata uang-
· Underscore
( _ )
Identifier dapat terdiri
dari :
· Huruf
/ abjad-
· Angka-
· Underscore
( _ )
Identifier tidak boleh
mengandung @, spasi atau diawali dengan angka. Selain itu, identifier tidak
boleh menggunakan keyword atau kata-kata yang memiliki arti atau digunakan
dalam pemrograman Java. Daftar keyword Java :
Abstact
double
int
strictfp
Boolean
flse static
super
Break
fxtends
long
switch
Byte
final
native
Synchronized
case
finally
new
this
catch
float
package throw
char
for
private
throws
class
goto protected
transient
const
if public try
continue
implements
return void
default
import
short
volatile
do instanceof
interface while
Selain menggunakan
karakter biasa, kita juga dapat menggunakan unicode sebagai identifier.
- Deklarasi Variabel
Sintaks dasar :
[tipe data] [nama variabel]
Menuliskan tipe data dari variabel, contoh :
int bilangan;
char karakter;
float bildesimal;
boolean status;
Setelah mendeklarasikan variabel dengan tipe data,
selanjutnya memberikan nilai variabel tersebut dengan tanda = .
bilangan = 20;
karakter = ‘k’;
bildesimal = 22.2f;
status = true;
Dapat juga
mendeklarasikan dan memberikan nilai dalam satu baris.
int bilangan = 20;
char karakter = ‘k’;
float bildesimal = 22.2f;
boolean status = true;
Kita dapat membuat
variabel menjadi konstanta yang tidak dapat diubah nilainya dengan menambahkan
keyword sebelum tipe data dari variabel. Contoh :
final int konstantainteger = 10;
final float pajak = 15.5;
Agar konstanta ini dapat
diakses oleh class lain tanpa harus membuat objek terlebih dahulu, maka kita
dapat menambahkan modifier public dan keyword static seperti berikut :
public static final konstantainteger
= 10;
6.
Versi-Versi Java
Setelah sebelumnya
dijelaskan mengenai pengertian, sejarah, karakteristik, dan komponen utama
platform Java maka selanjutnya akan membahas mengenai versi-versi pada Java.
Dari masa ke masa perkembangan Java sudah semakin canggih dalam setiap
fitur-fiturnya. Berikut ini adalah versi-versi Java, mulai dari yang pertama
kali diluncurkan hingga versi terbaru yang akan dimunculkan.
- Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
ü java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
ü java.io: Peruntukan kelas input dan output,
termasuk penggunaan berkas.
ü java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas
struktur data dan kelas kelas penanggalan.
ü java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang
memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
ü java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan
pengguna (GUI)
ü java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk
diterapkan pada penjelajah web.
- Pada tahun 1998, Sun Microsystem memperkenalkan Java versi 1.2 atau lebih dikenal dengan nama Java 2 yang terdiri atas JDK dan JRE versi 1.2. Pada Java 2 ini, java dibagi menjadi 3 kategori:
a) Java 2 Standart Edition (J2SE)
Kategori ini digunakan
untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada level PC
(Personal Computer).
b)
Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
Kategori ini digunakan
untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada lingkungan
entriprise dengan menambahkan fungsionalitas-fungsionalitas java semacam EJB
(Enterprise Java Bean), Java CORBA, Servlet dan JSP serta Java XML (Extensible
Markup Language).
c)
Java 2 Micro Edition (J2ME)
Kategori ini digunakan
untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi java pada handled devices
atau perangkat-perangkat semacam handphone, Palm, PDA, dan Pocket PC. J2ME
dirancang untuk dapat menjalankan program Java pada perangkat-perangkat semacam
handphone dan PDA, yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan sebuah
komputer biasa, misalnya kecilnya jumlah memori pada handphone dan PDA. J2ME
terdiri atas komponen-komponen sebagai berikut Java Virtual
Mac hine (JVM) dan Java API
(Application Programming Interface) serta Tools lain untuk pengembangan
aplikasi Java semacam emulator Java Phone dan emulator Motorolla. Dalam J2ME
dibagi menjadi dua bagian yang dikenal dengan istilah configuration dan
profile.
7. Fitur-Fitur Java
Java memiliki berbagai
fitur yang terbilang cukup berguna bagi para programmer. Fitur-fitur yang
terdapat dalam Java diantaranya yaitu:
- Java Virtual Machine (JVM)
JVM adalah sebuah mesin imajiner
(maya) yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM
menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode Java
terjadi. Spesifikasi inilah yang membuat aplikasi berbasis Java menjadi
bebas dari platform manapun karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM.
Aplikasi program Java diciptakan dengan file teks berekstensi .java. Program
ini dikompilasi menghasilkan satu berkas bytecode berekstensi. class atau
lebih. Bytecode adalah serangkaian instruksi serupa instruksi kode mesin.
Perbedaannya adalah kode mesin harus dijalankan pada sistem komputer dimana
kompilasi ditujukan, sementara bytecode berjalan pada java interpreter yang
tersedia di semua platform sistem komputer dan sistem operasi.
- Garbage Collection
Banyak bahasa pemrograman lain
yang mengijinkan seorang programmer mengalokasikan memori
pada saat dijalankan. Namun, setelah menggunakan alokasi memori tersebut,
harus terdapat cara untuk menempatkan kembali blok memori tersebut supaya
program lain dapat menggunakannya. Dalam C, C++ dan bahasa lainnya, adalah
programmer yang mutlak bertanggung jawab akan hal ini.
Hal ini
dapat menyulitkan bilamana programmer tersebut alpa untuk mengembalikan
blok memori sehingga menyebabkan situasi yang dikenal dengan
nama memory leaks. Program Java melakukan garbage collection yang
berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek–objek yang
tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh programmer
dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada
bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.
- Code Security
Code Security terimplementasi pada Java melalui
penggunaan Java Runtime Environment (JRE). Java menggunakan model pengamanan 3
lapis untuk melindungi sistem dari untrusted Java Code.
- Pertama, class-loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter. Proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas–kelas yang berasal dari local disk dengan kelas–kelas yang diambil dari jaringan. Hal ini membatasi aplikasi Trojan karena kelas–kelas yang berasal dari local disk yang dimuat terlebih dahulu.
- Kedua, bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan–aturan dasar bahasa Java.
- Ketiga, manajemen keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing.
8. Contoh Program Java Sederhana
Untuk lebih mengetahui
mengenai bagaimana bahasa pemrograman Java maka penulis memberikan contoh
program Java sederhana. Program ini cocok bagi yang baru pertama kali mengenal
java .
Berikut contoh
programnya.
Class HelloWorld{public static void main(String[]args)
{System.out.println("==HelloWorl=");
}
}
}
Penjelasan Program:
Ø Class HelloWorld
Class HelloWorld
merupakan sebuah nama kelas yang menampung isi dari program yang akan
dijalankan. Di dalamnya bisa berisi atribut/tipe data dan metod untuk
menjalankan suatu program. Pada program di atas, file disimpan dengan
nama HelloWorld.java . Apabila selain nama file tersebut
program tidak akan berjalan atau akan error, karena program
java akan membaca nama file sesuai dengan nama kelasnya.
Ø Public static void main (String [] args)
Public static void main
adalah sebuah metod dengan nama main, yang mana metod ini adalah
metod utama untuk menjalankan sebuah program. Tanpa adanya metod main,
program tidak akan mengeluarkan hasil apa-apa.
Ø System.out.println();
Ini adalah sebuah
perintah untuk menampilkan sesuatu, baik berupa angka, karakter, ataupun
kalimat. Program di atas adalah program untuk mencetak kalimat, yang di awali
dengan tanda petik dua sebagai pengapit huruf-huruf atau karakter
yang akan dicetak.
Untuk menjalankan
programnya :
o Simpan program dengan nama file HelloWorld.java
o Jalankan program pada CMD dengan mengetikan javac HelloWorld.java
o Selanjutnya ketikan java HelloWorld.
9. Pemanfaatan Teknologi Java
Bahasa pemrograman Java
digunakan untuk membuat seluruh bentuk aplikasi, dekstop, web dan lainnya,
sebagai mana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional lainnya.
Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang merupakan hasil dari pemanfaatan
teknologi Java.
1.Aplikasi
Facebook
Facebook termasuk
dari salah satu social networking platform yang paling populer. Jejaring
seperti Facebook tidak hanya menghubungkan satu orang dengan orang lainnya di
dunia tanpa batas, akan tetapi menciptakan komunikasi atas profil, kegemaran,
dan terutama pencitraan. Tidak mengherankan apabila jejaring sosial (social
networking) seperti Facebook sering dimanfaatkan untuk keperluan promosi,
kampanye, bahkan propaganda. Tidak hanya untuk mengkomunikasikan citra
individu, akan tetapi termasuk pula kelompok, organisasi, maupun produk. Di
tahun 2008 lalu, Facebook bahkan mampu mengalahkan popularitas jejaring sosial
ternama lainnya seperti MySpace, Friendster, dan Multiply. Siapapun bisa memanfaatkan
ataupun mengoptimalkan Facebook Di sini disediakan dua buah ebook panduan
menggunakan Facebook untuk pemula (for Dummies)dan tingkat lanjut (advanced
user).
Aplikasi
online Facebook tidak hanya mampu mengkomunikasikan melalui pesan, akan tetapi
mampu pula menciptakan komunikasi interaktif online. Di antara situs jejaring
sosial, Facebook memiliki fitur yang paling lengkap. Mereka yang memanfaatkan
aplikasi jejaring online Facebook tidak hanya individu, akan tetapi kelompok,
organisasi, dan bahkan suatu negara. Tentunya kita masih ingat ketika Israel
pernah memanfaatkan Facebook (bersama dengan Twitter) untuk membela kepentingan
mereka di Jalur Gaza.
2.Aplikasi Opera Mini
Opera
Mini adalah penjelajah web yang dirancang khusus untuk ponsel, dan juga
untuk PDA Phonedan Smartphone.
Penjelajah
Web ini tersedia dalam Java , Android, Windows
Mobile, iOS, BlackBerry OS, UIQ3, Symbian, dan Zeebo.
Opera Mini
adalah sebuah aplikasi yang gratis, didukung melalui kemitraan antara para
pengembang, yaitu Opera Software, situs aplikasi
gratis Gamejump, situs web Yahoo, dan Mesin Pencari Google.
Opera Mini berasal dari penjelajah
web Opera untuk komputer pribadi, yang telah tersedia untuk
umum sejak 1996. Opera Mini pada awalnya dirancang
untuk ponsel yang telah mampu terkoneksi atau tersambung ke
jaringan internet.
Opera Mini pertama kali diperkenalkan pada
tanggal 10 Agustus 2005 sebagai pilot project dalam
kerjasama dengan stasiun televisi Norwegia, TV 2. Sehingga pada
saat itu, Opera Mini hanya tersedia untuk pelanggan TV 2.
Opera Mini
terbaru mempunyai fitur yang tidak ada
pada browser bawaan ponsel biasa yaitu mengupload file
secara langsung. Opera Mini terkenal akan
dengan kecepatan browsingnya yang cukup cepat, biasanya lebih
cepat daripada browser bawaan ponsel. Keunggulan lainnya dari Opera Mini
adalah tarifnya yang relatif lebih murah dari browser bawaan milik
ponsel, ini dikarenakan Opera Mini dapat mengkompres suatu halaman sampai 90%.
Keunggulan yang menarik ialah dapat menyimpan halaman website yang dianggap
penting atau menarik oleh penggunanya, dan selanjutnya disimpan di folder yang
telah dipilih pengguna pada memori telepon atau kartu memori. Opera Mini juga
dapat menyinkronkan bookmark, dan tekan cepat ke akun milik anda
di Komunitas Opera. Versi Opera Mini 6 menyertakan fitur Share yang
memungkinkan pengguna membagikan halaman yang dibaca ke account jejaring
sosial Facebook, Twitter, dan My Opera
3.Aplikasi Kamus
Aplikasi Kamus sangat
berguna dalam berbahasa, tahap pembelajaran kamus berperan penting dalam
memahami kosa kata. Semangat belajar berbahasa tentu dilengkapi fasilitas yang
lengkap diantaranya kamus tebal yang di bawa-bawa sepanjang waktu. Penggunanya
tidak perlu repot lagi membawa kamus yang tebal, karena ada solusi jitu
yang akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bahasa
yang sulit untuk dimengerti. Karena dengan menggunakan aplikasi kamus bisa
mengurangi kepikunan sebab tanpa kita sadari aplikasi kamus mengajak agar
orang sedikit berfikir dan menganalisa tentang bahasa yang ingin di mengerti.
Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat mengurangi kepikunan dalam
usia yang sudah lanjut usia.
Sesuai
dengan konsep belajar bahasa yang menyarankan agar kita praktek
kapanpun dan dimanapun kita merasa senang untuk
belajar Software kamus ini ada dalam versi sesuai
dengan sistem yang lebih banyak dipakai oleh pengguna aplikasi mobile yaitu
dalam bentuk Java.
4.Aplikasi Game
Bermain
game juga ada manfaatnya. Manfaatnya yang selama ini banyaj dirasakan adalah
melatih kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang
paling berpengaruh adalah secara tidak langsung para penggunanya belajar bahasa
Inggris. Manfaat yang terakhir ini sungguh luar biasa, kita sebagai orang
Indonesia sangat buruk dalam mempelajari bahasa Inggris tetapi dengan bermain
game mau tidak mau kita harus belajar bahasa Inggris agar kita bisa memecakan
permasalahan yang ada didalam pemainan game dan bisa memenangkan game itu.
Karena bahasa yang digunakan dalam game pada umumnya adalah bahasa Inggris, dan
dialog, pengantar, tips, pilihan yang ada memakai bahasa Inggris, sehingga
semakin sering kita bermain game, kita secara tidak langsung telah berlatih bahasa
Inggris.
Hasil
penelitian menyebutkan bahwa para pemain game ini memiliki fokus yang lebih
terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan
mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali.
Manfaat dari bermain game juga dapat dirasakan bagi orang yang sudah tua atau
dengan kata lain lanjut usia karena dengan bermain game bisa mengurangi
kepikunan sebab tanpa kita sadari game mengajak pemainnya agar sedikit berfikir
dan menganalisa bagaimana cara menyelesaikan permain game. Karena dengan
berfikir dan menganalisa itu dapat ngurangi kepikun dalam usia yang sudah
lansia. Ternyata maksud dari semua pembuat game dan kebanyakan programmer game
adalah berusaha melatih kepekaan, problem solving, dan logika pemain ketika
dihadapkan pada suatu keadaan yang kurang menguntungkan, dibumbui dengan
kejutan-kejutan dan ketegangan yang memompa adrenalin dan emosi. Contohnya :
KONAMI, pembuat game SILENT HILL, dan developer game-game yang lain ingin
mengatakan bahwa “dalam keadaan serba sulit, asal kita mau berusaha, pasti ada
jalan keluarnya”
10. Kelebihan Java
Terdapat beberapa
kelebihan yang dimiliki Java dibanding dengan bahasa pemrograman yang lain,
yaitu:
- Multiplatform
Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di
beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan
prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini
pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari
bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu
hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan
ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating
system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform
yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft
Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah
setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat
diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
- (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek)
OOP tersebut berarti bahwa semua aspek yang terdapat di Java
adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek
secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object.
Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan
mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat,
mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa
pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi
antara komputer sekalipun.
- Perpustakaan Kelas yang Lengkap
Java terkenal dengan kelengkapan library
/ perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam
pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram
untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan
keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat
perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan
aplikasi.
Bergaya C++, memiliki
sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++
untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar
adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika
juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru
karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang
bukan mengambil jurusan komputer.
Pengumpulan
sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga
para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti
halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
11. Kelemahan Java
Walaupun memiliki banyak
kelebihan, namun Java juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya yaitu:
- Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
- Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak / direverse-engineer.
- Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
- Proses Compile, program Java har
PENGENALAN JAVA, STRUKTUR DAN TIPE DATANYA
Pengenalan Java
Dalam Java ada 2 jenis
program berbeda, yaitu aplikasi dan applet. Keduanya merupakan bagian dari execute,
dimana execute merupakan salah satu fase kelima dalam siklus program
Java. Aplikasi adalah program yang biasanya disimpan dan di eksekusi
dari komputer lokal. Applet adalah program yang biasanya disimpan pada
komputer yang jauh,yang dikoneksikan pemakai lewat web browser.
Komputer jauh menjalakan
web server yang memberi layanan terhadap permintaan web browser.
Kebanyakan bahasa pemrograman modern berdiri di atas pustaka-pustaka
kelas yang telah ada untuk mendukung fungsionalitas bahasanya. Pada bahasa
Java, kelompok-kelompok kelas yang berkaitan erat dimasukkan dalam satu paket,
bervariasi sesuai edisi Java. Java adalah bahasa yang dapat dijalankan
dimanapun dan di sembarang platform apapun, di beragam lingkungan sepeti
: Internet, intranets, consumer electronic products, dan computer
applications. Untuk beragam aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java, Java
dipaketkan dalam edisi-edisi berikut:
- Java 2 Standar Edition (J2SE), J2SE menyediakan lingkungan pengembangan yang kaya fitur, stabil, aman, dan cross-platform. Edisi ini mendukung konektivitas basis data, rancangan user interface, masukkan/ keluaran (input/ output), dan pemrograman jaringan (network programming), dan termasuk sebagai paket-paket dasar bahasa Java.
- Java 2 Enterpise Edition (J2EE), J2EE menyediakan tempat untuk membangun dan menjalankan multitier enterprise editions. J2EE berisi paket-paket di J2SE ditambah paket-paket untuk mendukung pengembangan Enterprise JavaBeans, Java Servlets, JavaServer Pages, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.
- Java 2 Micro Edition (J2ME), J2ME selain menyedikan bahasa Java yang sama, unggul dalam portabilitas (kemampuan dapat dijalankan dimanapun), safe network delivery, seperti J2SE dan J2EE. Aplikasi-aplikasi dapat diskalakan (dimampukan) agar dapat bekerja dengan J2SE dan J2EE. J2ME adalah untuk beragam consumer electronic product, seperti pager, smart card, cell phone, handheld PDA, dan set-top box.
Ada 3 kombinasi kunci
yang membuat Java menjadi teknologi yang secara fundamental berbeda dari yang
lain, yang ada saat ini. Pertama, semua orang dapat menggunakan applet
yang kecil, aman, dinamik, lintas-platform, aktif, dan siap dijalankan di
jaringan sejak awal. Kedua, Java adalah bahasa pemrograman yang ampuh, memiliki
kekuatan desain berorientasi objek dengan sintaks yang sederhana dan mudah
dikenal. Ketiga, Java adalah kumpulan class object yang ampuh, yang
melayani programmer dengan uraian yang jelas untuk banyak fungsi sistem
umum, seperti pembuatan window, penggunaan jaringan, dan input/
output.
Beberapa Fitur Penting Dalam Bahasa Java
- Bahasa Sederhana
- Explicit pointer manipulation
- Implicit type casting
- Structures atau union
- Operator overloading
- Templates
- Header files
- Multiple inheritance
Java
dirancang untuk mudah dipelajari dan digunakan dengan secara efektif. Java
tidak mendukung fitur-fitur rumit seperti:
Rancangan bahasa Java telah berdasar
teknologi yang telah terbukti dan dikembangkan di bahasa-bahasa pemrograman
lainnya.
- Bahasa berororientasi objek
Model objek Java adalah sederhana dan mudah dikembangkan, namun sejalan
dengan itu, nilangan dan tipe data sederhana lain dianggap sebagai non-objek
berkinerja tinggi.
OOP (object oriented programming) adalah cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai sekelompok objek yang saling berinteraksi. Objek-objek ini ada secara secara independent yang mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerinthakan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu.
OOP (object oriented programming) adalah cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai sekelompok objek yang saling berinteraksi. Objek-objek ini ada secara secara independent yang mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerinthakan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu.
- Bahasa statically typed
Semua objek dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan. Melalui
fitur ini kode program lebih dapat dioptmasi untuk menghasilkan program
berkinerja tinggi.
- Bahasa dikompilasi
Sebelum menjalankan program di bahasa Java, program dikompilasi
menggunakan Java Compiler. Kompilais akan menghasilkan file “bytecode”
yang serupa fungsinya dengan file kode mesin. Program “bytecode” yang
dihasilkan dapat di eksekusi di sembarang Java Interpreter. Java
Interpreter membaca file “bytecode” dan menterjemahkan perintah
“bytecode” menjadi perintah-perintah bahasa mesin yang dapat di eksekusi mesin.
- Bahasa yang aman
- Bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa Java.
- Class loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter.
- Manajer keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing.
- Bahasa dirancang untuk mempersulit eksekusi kode perusak
- Program Java dikompilasi menajdi serangkaian bytecode.
- Java mempunyai pengamanan terhadap applet.
Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindungi sistem dari Untrusted
Java Code. Selain itu Java menyediakan beragam teknik pengaman, yaitu:
- Bahasa indpenden terhadap platform
Platform independence merupakan kemampuan program bekerja
di sistem operasi atau sistem komputer berbeda. Bahasa Java adalah bahasa yang
secara sempurna tidak bergantung platform.
- Bahasa multithreading
Thread adalah menyatakan program komputer melakukan
lebih dari satu tugas di satu waktu yang sama. Java menyediakan kakas untuk
menulis program multithread, program mempunyai lebih dari 1 thread
eksekusi pada saat yang sama sehingga memungkinkan program menagani beberapa
tugas secara konkuren.
- Bahasa yang didukung garbage collector
Artinya, program tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak
digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh
pemrogram dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang
terdapat di bahasa yang memungkinkanalokasi dinamis.
- Bahasa yang tegar
Java interpreter memeriksa semua akses sistem yang dilakukan.
Program java tidak dapat menyebabkan crash terhadap sistem. Java mempunyai
mekanisme exception handling yang ampuh. Exception-handling
menyediakan cara untuk memisahkan antara bagian penanganan kesalahan dengan
bagian kode normal sehingga menuntun ke struktur kode program yang lebih bersih
dan menjadikan aplikasi lebih tegar.
a.Token
Dalam Java ada yang
dikenal dengan istilah token. Token merupakan elemen terkecil di program
yang mempunyai arti bagi kompilator. Kompilator bertugas membaca
karakter-karakter di kode sumber dan menerapkan aturan-aturan secara progresif
menjadi potongan lebih besar seperti identifier, ekspresi, kalimat, dan
kelas. Token Java dibagi 5, yaitu:
- Identifier
- Keyword
- Literal
- Operator
- Separator
b.Identifier
Identifier adalah token yang merepresentasikan
nama. Dalam Java, identifier adalah nama yang diberikan untuk variable,
class, atau method.
c.keyword
Keyword (kata kunci) adalah dentifier
yang digunakan dalam Java untk suatu tujuan khusus.Daftar keyword Java sebagai berikut: abstract, Boolean, Break, Byte, byvalue,
Case, Catch, Char, Class, Const, continue, default, Do, double, else, extends,
false, final, finally, float, for, goto, if, implements, import, instanceof,
In, Interface, Long, Native, New, Null, Package, private, protected, public,
return, short, static, Super, Switch, synchronized, This, threadsafe, throwm
Transient, True, Try, Void, while.
d.Literal
Penulisan besaran untuk
variabel adalah penting, literal Java terdiri dari angka, karakter, dan string.
Angka terdiri dari bilangan bulat (integer), bilangan mengambang (floating
point), dan boolean. Nilai boolean untuk true dan false
direpresentasikan sebagai 1 dan 0.
e.Operator
Operator
menspesifikasikan evaluasi atau komputasi terhadap objek. Operan yang
dioperasikan dapat berupa literal, variabel, atau nilai yang dikirim oleh
metode atau fungsi.
f.Separator
Separator digunakan untuk menginformasikan ke
komplator Java mengenai adanya pengelompokkan di kode program. Berikut daftar
separator yang digunakan dalam Java:
Simbol
|
Nama
|
Penggunaan
|
( )
|
Kurung
|
Untuk menghimpun parameter dalam
definisi dan pemanggilan method, juga digunakan untuk menyatakan
tingkat pernyataan, menghimpun pernyataan, untuk pengaturan alur program, dan
untuk menyatakan tipe cast (cast types)
|
{ }
|
Kurung Kurawal
|
Untuk menghimpunnilai yang
otomatis dimasukkan ke dalam array, digunakan juga untuk mendefinisikan
blok program, untuk cakupan class, method, dan lokal.
|
[ ]
|
Kurung Kurawal
|
Untuk menyatakan tipe array
dan untuk membedakan nilai array.
|
;
|
Titik Koma
|
Pemisah Pernyataan.
|
,
|
Koma
|
Pemisah urutan identifier dalam
deklarasi variabel.
|
.
|
Titik
|
Untuk memisahkan nama paket dari
sub-paket dan class dan untuk memisahkan variabel atau method
dari variabel referensi.
|
g.Struktur Program Java
Penulisan program Java
dapat dilakukan pada semua teks editor yang paling disukai baik itu editor
handal semacam eclipse dan netbeans ataupun editor simpel seperti
editplus, dan crimson. Dalam pembuatan program java yang harus
diperhatikan dalam pembuatan program java adalah penulisan huruf besar dan
kecil karena java memiliki sifat Case Sensitive.
Berikut adalah bentuk umum dari penulisan
program Java:
Pertama dalam program Java minimal terdapat sebuah class, dimana nama dari class tersebut diusahakan sama dengan nama file Java (arti dari class akan dijelaskan pada pertemuan selanjutnya), dan setiap class harus dibuka dengan tanda �{� dan ditutup dengan tanda‘}’. Contoh:
Pertama dalam program Java minimal terdapat sebuah class, dimana nama dari class tersebut diusahakan sama dengan nama file Java (arti dari class akan dijelaskan pada pertemuan selanjutnya), dan setiap class harus dibuka dengan tanda �{� dan ditutup dengan tanda‘}’. Contoh:
class bow{(isi dari
class)}
Selanjutnya
faktor utama lainnya yang wajib dimiliki dari sebuah program Java adalah harus
memilik sebuah fungsi utama main().
Fungsi dari main() adalah dijadikan sebagai
awal pengeksekusian aplikasi Java, kode (code) yang terdapat pada metode inilah
yang akan dieksekusi pertama kali.
Contoh:
Contoh:
class bow{public static void main (String [] args){(tulis code/program
di sini)}}
Metode
main() didefinisikan sebagai public static void, berikut
penjelasannya- public, berarti metode ini dapat dipanggil dari luar class
- static, menunjukkan metode ini bersifat sama untuk semua class
- void, berarti metode ini tidak mengembalikan nilai.
- Argument args[] adalah array objek string argument baris-baris perintah
Didalam penulisan program Java kita dapat membuat sebuah komentar, ada
dua jenis tipe komentar pada Java, yang pertama menggunakan pasangan simbol /*
dan */. Semua tulisan yang berada dalam tanda tersebut akan diperlakukan
sebagai komentar. Yang kedua menggunakan awalan simbol ‘//’, jadi semua tulisan
sesudah tanda ini dan berada pada baris yang sama dianggap komentar.
h.Program Java Sederhana
Contoh:classHello{publicstaticvoidmain(String[]args){System.out.println("HelloWorld!");}}
Pembahasan ringkas :
- Kata kunci public disebut access modifier yang mengendalikan ketampakkan terhadap bagian-bagian program yang lain dalam menggunakan kode ini.
- Kata kunci class, segala sesuatu di program Java adalah berada di dalam suatu kelas. Berkenaan dengan contoh program sederhana diatas, nama class-nya adalah Hello.
- Setelah kata kunci class adalah nama kelasnya. Nama kelas harus dimulai dengan huruf, setelah itu boleh kombinasi huruf dan angka. Dalam penamaan kelas tidak boleh menggunakan kata yang dicadangkan (reserved word yang kebanyakan merupakan kata kunci). Konvensi untuk penamaan kelas adalah kata benda dimulai dengan huruf capital (besar) di awal kata yang berarti.
- Class tersebut memiliki fungsi main() dengan parameter variabel args dengan tipe array dari String. Fungsi main ini yang akan mengeksekusi statement System.out.println (“Hello World!”); untuk menampilkan kata Hello World! ke console.
- Pasangan kurung kurawal merupakan awal dan akhir badan dari metode. Di Java tiap kalimat harus diakhiri dengan titik koma (; semicolon). Ekspresi diatas memanggil fungsi atau metode println() di objek out yang berada di objek System. Objek out merupakan standar output. Sementara kelas System adalah kelas yang melindungi atau mengkapsulkan seluruh fungsionalitas sistem.
Variabel, Tipe Data, Dan Operator
1.Variabel
Di Java setiap variabel
memiliki sebuah tipe data, untuk membuat sebuah variabel, pertama kita
tempatkan tipe dari variabel itu dan diikuti oleh nama dari variabel yang akan
dibuat.
Contoh :
double gaji
, int hari Kerja , long jumlah Penduduk , charc,Boolean udah
Setiap pendeklarasian sebuah variabel
harus diakhiri dengan sebuah semicolon �;�. Semicolon dibutuhkan karena
pendeklarasian sebuah variabel adalah sebuah statement di Java.
Berikut ini
aturan-aturan dalam membuat variabel pada Java :
- Nama dari sebuah variabel harus dimulai dengan sebuah huruf dan selanjutnya dapat diikuti dengan huruf atau angka.
- Huruf yang bisa digunakan adalah dari ‘A’�’Z', ‘a’�’z', angka dri 1-9 dan juga simbol ‘_’ dan �$� , Untuk simbol lain dan spasi tidak dapat digunakan.
- Dalam penamaan variabel juga tidak diperkenankan menggunakan reserved word dari Java.
2.Tipe Data
Tipe data mendefinisikan
metode penyimpanan untuk mereperesentasikan informasi dan cara informasi
diinterprentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan penyimpanan variabel di
memori karena tipe data variabel menentukan cara kompilator menginterpretasikan
isi memori. Tipe data dalam Java dibagi 2 kategori:
- Sederhana, Tipe data sederhana merupakan tipe inti. Tipe sederhana ini tidak diturunkan dari tipe lain. Tipe ini sering disebut juga dengan tipe primitive. Terdapat 8 tipe tipe sederhana dan dipisahkan dalam 4 kelompok:
- Empat tipe adalah untuk bilangan bulat (integer) bertanda: byte, short, int, dan long.
- Dua untuk tipe angka titik mengambang (floating point) atau bilangan pecahan: float dan double.
- Satu untuk tipe karakater yaitu char, mewakili simbol pada himpunan karakter seperti tulisan dan angka.
- Satu untuk tipe Boolean, merupakan tipe khusus untuk menunjukkan besaran logika (nilai-nilai logika).
- Komposit, Tipe data komposit disusun dari tipe data sederhana atau tipe komposit lain yang telah ada. Tipe ini antara lain: string, array, class, dan interface.
3.Byte
byte adalah tipe 8-bit bertanda.
Sebaiknya digunakan jika kita menangani aliran-aliran byte asing dari network
atau file. Variabel byte dideklarasikan dengan kata kunci byte.
Contohnya, dibawah ini adalah deklarasi
2 variabel byte yang diberi nama b dan c. Variabel c dinisialisasi dengan
nilai 0×55.
byte b ; byte c = 0x55.
4.Short
short adalah tipe 16-bit bertanda. Tipe
ini mungkin merupakan tipe yang paling jarang digunakan karena bersifat big-endian
(pengurutan byte), format data bitatas di depan, sehingga tidak mungkin diolah
pada mesin-mesin little-endian seperti PC (Personal Computer).
Saat ini, komputer 16-bit umum digunakan dalam industri video-game,
dalam hal ini kita tidak banyak berurusan dengan besaran-besaran variabel short.
Berikut beberapa contoh deklarasi variable short :
shorts ;
short t = 0x55aa.
5.Integer
Integer adalah tipe yang
paling banyak digunakan pada program. Program Java terdapat 5 integer, yaitu:
Tipe
|
Ukuran
|
Range
|
Byte
|
8 bit
|
-128 s/d 127
|
Short
|
16 bit
|
-32768 s/d 32767
|
Int
|
32 bit
|
-2147483648 s/d 2147483647
|
Long
|
64 bit
|
-9223372036854775808 s/d
9223372036854775807
|
Char
|
16 bit
|
0 s/d 65535
|
Tipe Char dapat
dipandang sebagai bilangan bulat yang mengkodekan karakter Unicode. Pada
kebanyakan situasi tipe int paling banyak digunakan. Untuk bilangan
besar, maka digunakan tipe long. Tipe byte dan short
terutama digunakan untuk aplikasi khusus seperti penanganan file level rendah
atau array besar yang disimpan tempat kecil.
int adalah tipe 32-bit bertanda. Tipe ini paling banyak digunakan untuk menyimpan besaran integer sederhana, karena nilainya dapat mencapai triliyunan. int sangat baik digunakan untuk pertambahan array dan pencacahan. Contoh deklarasi variabel int:
int adalah tipe 32-bit bertanda. Tipe ini paling banyak digunakan untuk menyimpan besaran integer sederhana, karena nilainya dapat mencapai triliyunan. int sangat baik digunakan untuk pertambahan array dan pencacahan. Contoh deklarasi variabel int:
int I ; int j = 0x55aa0000.
6.Long
long adalah
tipe 64-bit bertanda. Ada beberapa kasus dimana int tidak cukup besar untuk menampung nilai yang diinginkan. Ketika
menghitung pernyataan integer dengan bilangan yang cukup besar, operasi
perkalian dapat menghasilkan bilangan ribuan triliyun. Dalam kasus seperti ini,
kita membutuhkan tipe long. Berikut contoh\deklarasi
variable long : long m ; longn = 0x55aa000055aa0000 ;
Jalannya program Java bebas menggunakan ukuran berapapun untuk variabel
yang diperlukan selama tipe bersifat seperti yang didefinisikan.
7.Karakter (Char)
Pada Java, tipe integer terkecil adalah byte yang menyimpan besaran 8-bit yang biasa ditemukan pada variabel char di pemrograman C dan C++. Karena Java menggunakan Unicode untuk merepesentasikan
karakter pada string, maka tipe char menjadi 16-bit tidak bertanda dan digunakan untuk menyimpan puluhan ribu
karakter dari kumpulan karakter Unicode
international. Tidak ada char negatif. Kumpulan karakter standar yang dikenal sebagai ASCII hanya
meliputi rentang nilai dari 0 sampai 127 dan memiliki pengembangan kumpulan
karakter 8-bit, ISO-Latin-1 dari 0 sampai 255.
Pertama kali memang terlihat sebagai pemborosan menggunakan sampai 16- bit untuk
tiap karakter, karena kita telah terbiasa menggunakan huruf A sampai Z dan
beberapa karakter ASCII lainnya. Tetapi untuk jangka panjang, program-program
aplikasi akan lebih dihargai diluar negara berbahasa Inggris karena kemampuan
ini. Unicode merupakan penyatuan lusinan kumpulan karakter termasuk Latin,
Yunani, Arab, Cyrillic (Rusia), Hebrew (Israel), Katakana (Jepang), Hangul
(Korea), dan lainlain. Informasi lebih lengkap tentang Unicode daapt dilihat di
http://www.unicode.org dan http://www.stonehead.com/unicode.html.Berikut
beberapa contoh deklarasi variabel char:charc;charc2=0xf132;charc3=
�
a
�
;charc4=
�
n
�
;
8.Floating-Point
Bilangan pecahan (floating-point)
atau lebih dikenal sebagai bilangan riil pada bahasa pemrograman lain,
digunakan pada fungsi perhitungan yang membutuhkan ketelitian pecahan. Contoh
penggunaaanya seperti perhitungan yang rumit, yaitu akar kuadrat atau fungsi
transendental seperti sinus dan cosinus. Java mengimplementasikan
standar himpunan tipe (IEEE-754) dan operator bilangan pecahan. Terdapat 2 tipe
floating point, yaitu:
Tipe
|
Ukuran
|
Range
|
float
|
32 bit
|
3.4E-038 s/d 3.4E+038
|
doublet
|
64 bit
|
1.7E-308 s/d 1.7E+308
|
9.Float
Dispesifikasikan dengan
kata kunci float, menggunakan 32-bit untuk menyimpan nilai. Ketelitian
tunggal diolah lebih cepat pada sejumlah prosesor dan hanya mengambil ruang
setengahnya, tetapi akan mulai tidak teliti jika nilai yang diolah terlalu
besar atau terlalu kecil. Perhitungan sederhana yang membutuhkan hanya sedikit
ketelitian pecahan, misalkan perhitungan total suatu besaran, dimana kita hanya
membutuhkan ketelitian sepersepuluh, dapat direperesentasikan dengan tepat,
yaitu dengan float.
Berikut contoh deklarasi
variabel float:
float f;
float f2 = 3.14f;
10.Double
Dinyatakan dengan kata
kunci double, menggunakan 64-bit untuk menyimpan nilai. Semua fungsi
matematis transcendental, seperti sin, cos, dan sqrt,
menghasilkan besaran double. Jika kita ingin menjaga ketelitian sampai
banyak perulangan perhitungan atau mengolah bilangan besar, double
adalah pilihan terbaik. Berikut contoh deklarasi variabel double:
double d;
double pi = 3.14159365358979323846;
11.Boolean
Java memiliki tipe data
sederhana untuk besaran logika yang disebut boolean. Tipe ini hanya
dapat memiliki 2 kemungkinan nilai, yaitu true atau false. Tipe
inilah yang dikeluarkan oleh semua operator perbandingan, seperti (a < b).
Boolean juga merupakan tipe yang dibutuhkan oleh semua operator pengatur alur
bersyarat, seperti if, while, dan do. Berikut deklarasi variabel boolean:
boolean done = false;
12.Array
Array adalah kelompok variabel dengan
tipe sejenis dan dinyatakan dengan nama yang sama. Dengan kata lain, array
merupakan tipe khusus yang menyatukan sekelompok variabel dengan tipe yang
sama. Jika kita ingin mendeklarasikan array 12 buah integer, kita menciptakan
tipe baru, yaitu �array of int�. Contoh berikut ini menunjukkan deklarasi variabel month_days
dengan tipe �array of int�:
int month_days [];
13.Operator
Pada sub bab sebelumnya
telah dijelaskan secara singkat mengenai operator. Operator dapat diartikan
juga simbol yang biasa digunakan dalam menulis suatu pernyataan dalam bahasa
pemrograman. Operator akan melakukan suatu operasi terhadap operand sesuai
dengan fungsinya, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya.
Operator di Java ada 7 macam, yaitu :
Operator di Java ada 7 macam, yaitu :
- Operator penugasan
- Operator matematika
- Operator penaikan dan penurunan
- Operator bitwise ( manipulasi bit ) tidak dibahas
- Operator relasional
- Operator logika Boolean
- Operator majemuk
ü Operator Penugasan
Operator ini yang paling
sederhana dan hanya dilambangkan dengan karakter � = �. Operator ini digunakan untuk
menugaskan suatu nilai ke suatu variabel. Contoh:
int var = 1;
|
Uniknya, operator ini dapat
digunakan secara berantai. Contoh:
int a,b,c;
a = b = c = 99; |
ü Operator Matematika
Operator ini digunakan dalam
ekspresi matematika. Operator matematka yang dikenal dalam Java adalah sebagai
berikut:
Operator
|
Keterangan
|
Contoh
|
Hasil
|
+
|
Penjumlahan
|
4 + 5
|
9
|
-
|
Pengurangan
|
9 � 2
|
7
|
*
|
Perkalian
|
3 * 4
|
12
|
/
|
Pembagian
|
9 / 3
|
3
|
%
|
Modulus ( sisa bagi )
|
7 % 2
|
1
|
Operator matematika hanya dapat
digunakan dengan operan bertipe bilangan, baik bilangan bulat maupun pecahan,
serta tipe data char yang merupakan pengecualian. Tipe data char menyimpan
informasi karakter dengan menggunakan bilangan yang merepresentasikan karakter
tersebut. Contoh:
|
|
ü Operator Penaikan dan Penurunan
Operator ini digunakan
untuk menaikkan atau menurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat) sebanyak
satu satuan dan hanya dapat digunakan pada variabel. Operator�operator tersebut adalah
Operator
|
Keterangan
|
++
|
Penambahan dengan nilai satu
|
–
|
Pengurangan dengan nilai satu
|
Operator ini dapat ditempatkan
sebelum atau sesudah variabel. Jika ditempatkan sebelum variabel, maka variabel
tersebut akan dikurangi/ ditambah dengan 1 sebelum di operasikan. Sebaliknya,
jika operator ini diletakkan sesudah variabel, maka variabel tersebut akan di
operasikan terlebih dahulu dan kemudian di tambahkan/ dikurangi dengan 1.
Contoh penggunaannya :
x = x + 1; dapat ditulis menjadi
x++; atau ++x;
y = y � 1; dapat ditulis menjadi y–; atau –y; |
|
|
ü Operator Relasional
Operator ini digunakan untuk
membandingkan dua buah nilai operand dan menghasilkan nilai Boolean, yaitu true
atau false. Berikut ini operator relasional dalam Java:
Operator
|
Keterangan
|
==
|
Sama dengan ( membandingkan, bukan
penugasan )
|
!=
|
Tidak sama dengan
|
>
|
Lebih besar dari
|
<
|
Lebih kecil dari
|
>=
|
Lebih besar dari atau sama dengan
|
<=
|
Lebih kecil dari atau sama dengan
|
Operator ini banyak digunakan
sebagai kontrol alur eksekusi program seperti dalam pernyataan if, while,
do, for, dan lain-lain. Contoh penggunaan :
|
|
ü Operator Logika Boolean
Operator ini hanya digunakan untuk
melakukan operasi pada operand yang bertipe boolean. Berikut daftar operator
logika boolean :
Operator
|
Keterangan
|
&
|
Logika AND
|
|
|
Logika OR
|
^
|
Logika XOR
|
!
|
Logika NOT
|
&&
|
Short circuit Logika AND
|
||
|
Short circuit Logika OR
|
==
|
Logika sama dengan (
membandingkan, bukan penugasan )
|
!=
|
Logika tidak sama dengan
|
Berikut contoh penggunaan operator
logika boolean :
|
|
|
|
ü Operator Majemuk
Operator ini merupakan gabungan dari
operator yang telah dibahas sebelumnya dengan operator penugasan. Berikut
operator majemuk pada Java yang dipelajari:
Operator
|
Keterangan
|
+ =
|
Logika AND
|
- =
|
Logika OR
|
* =
|
Logika XOR
|
/ =
|
Logika NOT
|
% =
|
Short circuit Logika AND
|
Berikut contoh penggunaannya:
hasil += 10; memiliki arti yang
sama dengan hasil = hasil + 10;
hasil -= 20; memiliki arti yang sama dengan hasil = hasil – 20;dan seterusnya. |
Komentar
Posting Komentar